Jumat, 17 Juni 2011

Nonton TV 2 Jam Sehari Percepat Kematian

TEMPO Interaktif, London  - Para peneliti dunia telah lama mengingatkan bahaya menonton televisi secara berlebihan. Mereka menyimpulkan dua jam sehari menonton 'kotak bodoh' itu bisa membawa seseorang dekat dengan kematian.


Journal of the American Medical Assosiation merilis bukti menarik. Dua jam lebih seseorang berada di depan TV cukup membuat mereka terkena berbagai penyakit. Kemungkinannya 20 persen mengidap diabetes, 15 persen terserang jantung dan 13 persen penyakit lainnya.

Menurut peneliti dari University of Southern Denmark, Dr Anders Grontved, TV membuat seseorang jarang olah raga dan sering mengkonsumsi makanan cepat saji (junk foods). "Dua faktor itu yang mempercepat risiko kematian,"katanya dalam Daily Mail 15 Juni 2011.

Sebelumnya penelitian yang melibatkan 1.300 anak oleh universitas Michigan dan Montreal menemukan dampak buruk pada anak-anak yang lebih sering nonton TV. Semakin banyak seorang anak kecil menonton televisi, semakin besar kemungkinan prestasinya buruk di sekolah dan kesehatannya terganggu pada usia 10 tahun.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Salah satu cara yang paling manjur adalah mengurangi durasi seseorang menonton televisi. Maureen Talbot dari the British Heart Foundation menyarankan olah raga sebagai tameng seseorang terhindar dari risiko kematian akibat televisi.

"Sedikitnya seseorang membutuhkan olah raga 30 menit sehari,"katanya.

RUDY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar