Senin, 06 Juni 2011

Mikroba Jadi Sumber Listrik


TEMPO Interaktif, Oslo - Mikroba ternyata dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik alami. Menurut para ilmuwan, organisme mikroskopik yang sebagian besar berupa satu sel ini mampu melepaskan muatan listrik kecil.

Salah satu mikroba bermuatan listrik yang telah ditemukan memiliki "kabel" super kecil yang 'keluar' dari dinding sel mereka. Menurut laporan jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, Amerika Serikat, dari 'tentakel' kecil itu, bakteri tersebut membersihkan diri dari minyak atau polusi uranium.

"Temuan ini dapat digunakan sebagai alternatif sumber listrik," kata penulis utama, Tom Clarke, dari University of East Anglia di Inggris.

Dengan ditemukannya struktur mikroba tersebut, maka peneliti dapat membuat desain elektroda khusus supaya bakteri tadi dapat melepaskan energi listriknya dan bisa digunakan manusia.

Saat ini, para peneliti itu sedang membuat sebuah perangkat menyerupai baterai yang diisi dengan mikroba berlistrik. Baterai tersebut rencananya dapat digunakan sebagai tenaga lampu atau telepon seluler.
REUTERS | RINI K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar