Selasa, 21 Juni 2011

Eksperimen Pencari Partikel Ilahi Catat Rekor Tabrakan

Large Hadron Collider (LHC). Foto: telegraph.co.uk

TEMPO Interaktif, Jenewa - Eksperimen Large Hadron Collider (LHC) mencatatkan rekor jumlah tabrakan terbanyak yang pernah dilakukan mesin pemercepat partikel. Hingga Minggu 19 Juni 2011, jumlah tabrakan partikel di laboratorium ini mencapai 1 femtobarn atau setara 70 triliun tabrakan.

"Jumlah tabrakan yang melimpah bisa membawa peneliti pada pengetahuan fisika baru," ujar Direktur Pemercepat dan Teknologi CERN, Steve Myers.

LHC merupakan eksperimen penabrakan partikel fundamental pada kecepatan tinggi yang dilakukan sejak tahun 2008. Tabrakan pada energi tinggi membuat partikel hancur berkeping-keping sehingga menampakkan partikel penyusun yang lebih kecil. Dengan menabrakkan partikel secara berulang-ulang, peneliti bisa melihat lebih banyak partikel mendasar. Beberapa partikel mendasar telah diramalkan di atas kertas namun masih menunggu pembuktian dari eksperimen.

Rekor jumlah tabrakan yang dicatatkan LHC membuat peneliti yakin bahwa pengetahuan fisika baru bisa terungkap sewaktu-waktu. Di LHC, ratusan peneliti muda dari seluruh penjuru dunia datang mencari partikel baru. Salah satu partikel paling diburu adalah Higgs boson atau biasa disebut sebagai partikel ilahi.

"Jika alam berbaik hati, terobosan besar bisa datang di tahun ini," ujar salah seorang fisikawan partikel Fabiola Gianotti.

ANTON WILLIAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar