Selasa, 28 Juni 2011

Ini Daging Masa Depan Tanpa Sembelih Hewan


TEMPO Interaktif, Amsterdam - Ilmuwan Belanda berhasil mengembangkan teknik melipatgandakan daging untuk konsumsi manusia tanpa harus memotong hewan.

"Hewan ternak tak bisa diandalkan untuk masa depan," kata Mark Post, Profesor Fisiologi Maastricht University, dalam Daily Mail Senin 27 Juni 2011.

Itu merupakan daging sintesis yang dikembangkan lewat cara in vitro, teknik serupa bayi tabung. Peneliti hanya menyediakan rajangan sel induk dari daging yang diperbanyak di laboratorium.

Sedikitnya ada 10 ribu induk sel dari berbagai binatang untuk dilipatgandakan menjadi miliaran sel baru dengan rasa dan tekstur serupa aslinya.  

Ide yang dipelopori Mark sangat beralasan. Perubahan iklim dan lonjakan jumlah penduduk di masa depan akan membuat dunia terancam krisis pangan. Oleh sebab itu, para ilmuwan seakan berpacu dengan waktu untuk memikirkan cara baru mengatasi krisis.

Namun, penduduk dunia harus bersabar lantaran revolusi makanan ini baru rampung tahun depan. Pada saat semua selesai, kata Mark, "Saya orang pertama kali yang akan merasakan kelezatan daging ini."

RUDY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar