Senin, 07 Februari 2011

Cara Jitu Cegah Mabuk Laut

corbisimages.com
TEMPO Interaktif, Minneapolis - Memandang ke kejauhan telah lama dianjurkan sebagai cara untuk tetap berdiri tegak dan bebas dari mabuk laut, meski perahu digoyang gelombang besar. Berbeda dengan beberapa mitos yang ternyata keliru, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, akhir Januari lalu, memandangi horizon ternyata merupakan saran manjur dan telah terbukti kebenarannya. Memandangi cakrawala benar-benar dapat membuat orang lebih mantap ketika berada di laut.

Hasil studi itu dapat membantu para ilmuwan memahami lebih baik fenomena pusing dan mual akibat gerakan. "Orang-orang yang kehilangan keseimbangan lah yang akhirnya mengalami pusing dan mual karena gerakan perahu atau kendaraan," kata Thomas Stoffregen, peneliti kognitif di University of Minnesota, Amerika Serikat.

Ketika berdiri di tanah solid, orang bergoyang ke depan sekitar 4 sentimeter setiap 12-15 detik. Untuk mengetahui bagaimana gerakan itu berubah ketika di kapal, Stoffregen dan timnya menghubungi sebuah konsorsium Amerika Serikat yang memiliki kapal riset. "Saya bagaikan orang aneh bagi mereka, karena mereka mempelajari oseanografi, seperti celah hydrothermal," ujarnya. "Mendadak ada ilmuwan perilaku yang menghubungi mereka."

Stoffregen menghindari para pakar oseanografi dan memilih menumpang kapal dalam proyek lain. Dia menaiki kapal riset Atlantis yang menempuh perjalanan melintasi Teluk California, antara semenanjung Baja dan Meksiko.

Para peneliti meminta para awak berdiri di atas sebuah pelat gaya yang akan mengukur gerakan mereka di tanah kering di Meksiko dan di atas Atlantis. Para awak diminta mengamati sesuatu yang berada 40 sentimeter di depan mereka atau berfokus pada cakrawala.

Meski melihat sesuatu yang tak bergerak tampaknya membuat goyangan kapal semakin terasa, para ilmuwan menemukan bahwa memfokuskan pandangan pada titik tak bergerak jauh di horizon akan membantu mencegah mabuk laut. Di darat, orang jauh lebih stabil ketika melihat sesuatu yang dekat dengan mereka, tapi di laut, orang akan tetap berdiri tegak ketika melihat ke sesuatu yang jauh.
LIVESCIENCE | TJANDRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar